Rabu, 21 Oktober 2009

Bentuk dan macam virus

Bentuk dan macam virus -- Berdasarkan struktur bentuk kapsomernya, virus mempunyai bentuk bulat, oval dan memanjang ada yang berbentuk eperti jarum , silinder danada juga yang memiliki bentuk struktur menyerupai huruf T.Virus rabies sendiri memiliki bentuk seperti peluru , virus cacar berbentuk batubata , serta virus influenza dan virus polio yang berbentuk bulat


Macam - macam virus menurut jenisnya dibedakan atas :

1. Virus pemakan bakteri atau juga disebut bacteriofag biasanya juga hidup menumpang didalam tubuh bakteri

2. Virus hewan yang mengandung DNA dan RNA dalam tubuhnya

3. Virus tumbuhan yang hanya mengandung RNA saja

Contoh virus yang bisa kita temui adalah:

1. HIV (Human Immunodeficiency Virus)

Termasuk salah satu retrovirus yang secara khusus menyerang sel darah putih (sel T). Retrovirus adalah virus ARN hewan yang mempunyai tahap ADN. Virus tersebut mempunyai suatu enzim, yaitu enzim transkriptase balik yang mengubah rantai tunggal ARN (sebagai cetakan) menjadi rantai ganda kopian ADN (cADN). Selanjutnya, cADN bergabung dengan ADN inang mengikuti replikasi ADN inang. Pada saat ADN inang mengalami replikasi, secara langsung ADN virus ikut mengalami replikasi.

2. Virus Herpes Virus herpes merupakan virus ADN dengan rantai ganda yang kemudian disalin menjadi mARN.

3. Virus Infuenza Siklus replikasi virus influenza hampir same dengan siklus replikasi virus herpes. Hanya saja, pada virus influenza materi genetiknya berupa rantai tunggal ARN yang kemudian mengalami replikasi menjadi mARN.

4. Paramyxovirus Paramyxovirus adalah semacam virus ARN yang selanjutnya mengalami replikasi menjadi mARN. Paramyxovirus merupakan penyebab penyakit campak dan gondong.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda